Minggu, 22 Januari 2017

Objek Wisata Kerinci

Air Panas Semurup Kerinci Tempat Favorit Wisata Keluarga

Minggu, 22 Januari 2017 | 13.54
Objek Wisata Air Panas
KERINCI – Bumi Kerinci menyimpan kejutan alam. Di tengah udara dingin yang menyelimuti, ada sebuah titik panas yang terlahir akibat aktivitas vulkanik. Titik itu berupa kolam dengan air panas yang mengeluarkan aroma belerang. Warga setempat menyebutnyaAir Panas Semurup. Letaknya di Desa Baru Air Hangat, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci.

Desa Baru Air Hangat terletak 11 kilometer dari Sungaipenuh, kota yang ditempuh 8-10 jam dari Jambi. Kondisi jalan sudah baik namun mulai dari Kabupaten Bangko hingga Kota Sungai Penuh, Anda akan melewati jalan berkelok. Objek wisata Air Panas Semurup, menjadi unggulan Pemerintah Kabupaten Kerinci, Jambi, untuk mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Tak pelak lagi Air Panas Semurup menjadi magnet. Di Kabupaten Kerinci, air panas tidak sulit untuk ditemui, karena hampir di setiap sudut Kerinci terdapat sumber air panas alami. Ini karena di Kabupaten Kerinci terdapat gunung berapi masih aktif, yakni Gunung Kerinci. Namun, yang lebih dikenali oleh wisatawan, dan paling sering dikunjungi adalah Air Panas Semurup.

Air Panas Semurup sering menjadi tujuan wisata keluarga warga Kerinci. Meskipun tidak bebas menikmati airnya, jangan khawatir, ada fasilitas kolam renang di dalam kompleks Air Panas Semurup. Anda masih bisa berendam dikelilingi suasana pedesaan Kerinci.
Di sekitar kolam terdapat warung yang menyediakan jajanan seperti mie instan, telur, pisang dan kopi. Rupanya, pengunjung sering memanfaatkan panasnya air kolam untuk merebus pisang dan telur. Bila tertarik untuk menikmatinya, silahkan mendatangi petugas setempat dan biarkan salah seorang dari mereka membantu Anda.Ketika telur atau pisang sudah matang, Anda bisa menikmatinya di pendopo yang dibangun sekitar kolam.

Sumber Air Panas Semurup sempat dimanfaatkan oleh Pemerintah Hindia Belanda sebagai tempat pemandian prajurit militer. Oleh karena itubeberapa kamar mandi di kawasan ini merupakan bekas peninggalan Hindia Belanda dan hanya atapnya saja yang diperbaharui.
Komentar
 
MORE
  • LIFE & STYLE
  • RAMADHAN
  • NEWS
  • POLITIK