Kamis, 12 Desember 2013

Internasional

PM Thailand Tegaskan Tidak akan Mudur Sampai Pemilu

Kamis, 12 Desember 2013 | 06.28
Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra
Bangkok: Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra mengatakan ia tidak akan mengundurkan diri sampai pemilihan umum (pemilu) digelar pada 2 Februari 2014.

Yingluck menegaskan dia akan tetap menjadi kepala pemerintahan sementara sampai 2 Februari. "Saya harus melakukan tugas saya sebagai perdana menteri sementara sesuai konstitusi," katanya seperti dilansir Associated Press.

Protes tersebut menuntut Yingluck untuk menyerahkan kekuasaannya kepada "dewan rakyat." Pengunjuk rasa menuduh Yingluck bertindak mewakili saudaranya, Mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra yang melarikan diri dari tuduhan korupsi. Thaksin sendiri masih memiliki pengaruh yang besar di negaranya.

Thaksin digulingkan oleh kudeta militer 2006 yang memicu konflik lebih dalam antara elit Thailand dan kelas menengah perkotaan, dengan basis kekuatan Thaksin di pedesaan. Sejak saat itu, kedua belah pihak sering berseteru.

Kerusuhan bulan lalu mengakibatkan setidaknya lima orang tewas dan 289 orang terluka. Kerusuhan tersebut bermula karena Partai Phue Thai yang menyokong Yingluck mencoba meloloskan RUU yang akan dapat memberi amnesti untuk Thaksin.
Editor: Budi Ernanto
Komentar
 
MORE
  • LIFE & STYLE
  • RAMADHAN
  • NEWS
  • POLITIK