Senin, 09 Desember 2013

Internasional News

Neo Nazi Masih Eksis di Jerman

Senin, 09 Desember 2013 | 11.24
Duta Besar (Dubes) Jerman untuk Indonesia, Georg Witschel saat berbincang dengan Okezone. (Foto: Andreas Gerry Tuwo/Okezone)
JAKARTA - Isu mengenai masih adanya gerakan sayap kanan radikal beraliran Neo Nazi dibenarkan oleh Duta Besar Jerman untuk Indonesia Georg Witschel. Diakuinya, gerakan tersebut memang ada dan menjadi masalah serius bagi Pemerintah Jerman.

Penuturan Georg disampaikan dalam wawancara khusus dengan Okezone, beberapa waktu lalu. Awalnya, awak Okezone sempat ragu untuk mengungkap bagaimana kebenaran berita masih adanya gerakan Neo nazi di Negeri Bavaria tersebut. Apalagi Nazi merupakan masa lalu kelam bagi rakyat Jerman.

Tetapi semua keraguan sirna, ketika dengan ramah Georg menceritakan dan mengakui masih adanya gerakan neo nazi di Jerman.

"Ya, sangat jelas Neo Nazi masih ada di Jerman, tetapi mereka ada dalam jumlah yang kecil. Bila kita berkaca pada pemilihan umum tahun lalu, peran kelompok ini dalam politik Jerman sangatlah kecil," ucap mantan Dubes Jerman untuk Kanada ini.

Tetapi, walaupun hanya mempunyai peranan kecil dalam politik, dari keterangan Georg tersirat adanya potensi. Bahkan tidak hanya potensi, lebih pada aksi nyata kelompok Neo Nazi untuk merusak stabilitas keamanan Jerman.

Dalam setengah perjalanan perbincangan dengan Georg, pria ini mengakui telah ada aksi kriminal yang dilakukan oleh gerakan Neo Nazi. Apalagi di awal 2013, baik media lokal atau media asing ramai memberitakan peningkatan tren neo nazi, khususnya di kalangan pemuda Jerman.

Namun, hampir dalam keseluruhan wawancara ini, Georg meyakinkan Okezone bila gerakan Neo Nazi sangatlah kecil di Jerman. Dia menjelaskan, secara matematis di dalam pemilihan umum Jerman, suara yang dicapai oleh kelompok sejenis Neo Nazi yaitu Alfa Konservatif hanya mencapai 1,2%. Bahkan, kelompok yang terang-terangan membawa bendera Neo Nazi untuk mendulang satu persen suara, tidak mampu mereka rengkuh.

Pembicaraan Neo Nazi dengan Georg memang sangat menarik untuk digali dan seakan tidak ada habisnya. Georg pun kembali menegaskan jika Neo Nazi sebenarnya perkembangannya tidak perlu ditakutkan.

"Mereka (neo Nazi) memang ada dan nyata di Jerman. Hanya saja, tidak perlu terlalu dipusingkan. Masyarakat Jerman saat ini lebih bisa memilah dan mengambil sikap untuk menerima atau pun menolak gerakan Nazi baru tersebut," tutur dia.

Apalagi Neo Nazi, tambah dia, menjadi titik masalah perpecahan Jerman menjadi dua bagian semenjak berakhirnya perang dunia kedua berakhir. Sehingga sejumlah tindakan kekerasan tidak bisa dilupakan dan lebih layak disebut kejahatan kemanusian. Kejahatan yang dilakukan Nazi di Jerman medio awal abad 20 bisa menjadi tolak ukur rakyat Jerman untuk menolak kembali ke masa lalu kelam mereka. (bersambung) (ade)
Sumber : Okezone.com  
Komentar
 
MORE
  • LIFE & STYLE
  • RAMADHAN
  • NEWS
  • POLITIK